About Me

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
"Dream on and you'll have a purpouse in your life". Some paper, a pen and books it's my best friend. If Allah give me the way, i want to live in Germany (´▽`ʃ♥ƪ)

08/03/13

Retrogaming part 1 (Atari 2600 Game)

Tadi, waktu saya lagi nulis tentang “furniture retro”, saya jadi kepikiran gimana ya bentuk-bentuk game jaman dulu? Yang saya tau sih cuma SEGA ama Nintendo doang. Nah nah naaah langsung deh bikin riset!

Teriakannya doong para gameeerrrss!!! WoooooooO!!

Kali ini, saya sendiri mau mempersembahkan beberapa mesin game yang populer pada masanya (masa rerto sekitar tahun 1940-1950), juga berikut sejarahnya.

Langsung aja sekarang kita ketemu sama ATARI 2600.

Yang ini namanya “2600 jr”, dikeluarin taun 1984 dan termasuk cost-reduced version. Kenapacost-reduce version? Karena eh karenaa… ini emang sengaja di desain untuk harga murah, kira-kira waktu itu harganya di bawah $50. Walaupun murah, kelebihannya adalah bisa menjalankan game lebih banyak dari edisi sebelumnya yaitu Atari 7800.

Kalo yang ini namanya Atari 2600 four-switch “wood veneer” versionyang diproduksi pada tahun 1980-1982. Seperti namanya wood veneer, dia memang di desain mengguanakan kayu dan ini adalah GENERASI PERTAMA dari tipe 2600. Senjata dari game ini adalah Joystick, Paddles, Driving Controller, Trackball dan Keypad.





Yang ini namanya, Heavy Sixers. Dinamai demikian karena si ini punya 6 switch yang ada di depan. Launchingnya sekitar tauuuunn 1978.





Nah nah nah, ini yang paling paling paling retro *menurut saya, kenapaa karena ini adanya mulai taun 1977. Namanya Tele-Games. Uniknya, disini cuma bisa mainin 3 game doang…hihihi…



Ok, barang terakhir dari pembahasan nih. Kalo ini namanya The All Black Darth Vader yang dirilis tahun 1982, dengan kata lain ini tuh peralihan dari versi woodgrain. Ini dibuat karena VCS (perusahaannya) mendapatkan revisi minor yang membuat mereka mengotak-atik switch menjadi 2 dibelakan dan 4 di depan.









Gimana-gimana? ada yang pernah punya ga?

Yaa.... Itulah beberapa bahan buat hari nostalgianya kamu….

PS: Yang mungkin sedang alam masa perubahan, semoga kamu sukses menjadi orang yang bertransmigrasi dari repro ke urban, dari kamsuy ke gahol, dari anak ingusan ke anak layangan dan seterusnyaa…

Salam kecup cuy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar